Urutan Planet yang Ada di Tata Surya, Dari Merkurius Hingga Neptunus

Tata surya adalah susunan benda langit yang bergerak mengelilingi matahari. Dalam bahasa inggris, tata surya dinamakan sebagai Solar System.

Tahukah kamu mengapa dinamakan solar atau surya? Hal tersebut diberi lantaran sistem di tata surya mengorbit bintang induk, yaitu matahari.

Sedangkan kata Solar sendiri berasal dari bahasa latin yakni Sol yang berarti matahari. Dengan kata lain, segala sesuatu yang berhubungan dengan matahari disebut Solar.

Tata surya berkeliling pada orbitnya untuk pusat Galaksi Bima Sakti dengan kecepatan ±515.000 mph. Dengan kata lain, 230 juta tahun menjadi waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan satu orbit galaksi.

Planet adalah benda langit yang tidak mengeluarkan panas atau cahaya dan bergerek mengelilingi matahari secara bertahap dan terus menerus. Benda-benda langit yang berada di tata surya bukan hanya palnet saja, tetapi ada juga komet, meteor, asteroid, satelit, bintang, dan galaksi.

Delapan jumlah planet dalam tata surya yang mengelilingi matahari disebut dengan revolusi. Setiap revolusi yang dibutuhkan planet pun berbeda-beda. Semakin jauh dari matahari, maka waktu revolsui setiap planet akan semakin lama.

Planet-planet yang mengelilingi matahri bergerak sesuai dengan garis orbit yang sudah ditentukan. Sedangkan planet-planet yang berputar pada lingkarannya disebut dengan rotasi.

Sebelum kita membahas lebih lanjut, kamu juga bisa sambil mendengarkan musik atau lagu chord pingal ketika menyimak ulasan ini. Langsung saja yuk kita bahas.

Urutan Planet-Planet Tata Surya

1. Merkurius


Planet ini merupakan planet yang posisinya berada paling dekat dengan matahari. Diketahui, jarak planet Merkurius ke matahari hanya 57,9 juta KM saja. Adapun lama waktu yang dibutuhkan planet ini untuk berotasi adalah 59 hari. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk berevolusi adalah 88 hari. Jadi beda waktu rotasi dan revolusi planet ini adalah 29 hari.

2. Venus


Venus adalah planet di tata surya yang jaraknya juga berdekatan dengan matahari. Planet yang berwarna perpaduan antara cokelat, krim, dan putih ini mempunyai jarak 108,2 juta KM. Rotasi yang dilakukan planet ini membutuhkan waktu 243 hari. Waktu yang dibutuhkan untuk revolusi pada planet Venus adalah 225 hari. Perbedaan waktu antara rotasi dan revolusi pada planet Venus yaitu 18 hari.

3. Bumi


Planet ketiga yang posisinya paling dekat dengan matahari. Jarak antara planet Bumi dan matahari adalah 149,7 juta KM. Bumi memerlukan waktu 24 jam adalah untuk berotasi. Sedangkan waktu yang dibutuhkan untuk revolusi planet ini memerlukan waktu sekitar 365 atau 366 hari. Jarak waktu antara waktu rotasi dan revolusi sangatlah jauh.

Bumi menjadi tempat tinggal banyak manusia, tumbuhan, dan hewan. adapun hewan yang berbahaya di bumi adalah ular paling mematikan di dunia.

4. Mars


Planet keempat yang terdekat dari matahari adalah planet Mars. 228 juta KM adalah jarak antara planet Mars dan matahari. sedangkan waktu rotasi yang dibutuhkan planet ini hanya berselisih satu jam dari planet Bumi yaitu 25 jam. Adapun waktu yang diperlukan planet ini untuk berevolusi yaitu 687 hari.

5. Jupiter


Planet kelima yang berada dekat dengan matahari adalah Jupiter. Jarak antara planet Jupiter dan matahari adalah 778,8 juta KM. Rotasi yang dibutuhkan planet ini adalah 10 jam. Sedangkan waktu yang diperlukan revolusi pada planet ini adalah 12 tahun.

6. Saturnus


Planet Saturnus merupakan planet keenam yang terdekat dari matahari. Planet Saturnus memiliki jarak ke matahari yaitu 1.430,2 juta KM. Rotasi yang diperlukan oleh planet Saturnus adalah 10 jam dan waktu yang dibutuhkan untuk revolusi ialah 29 tahun.

7. Uranus


Planet Uranus menjadi planet kedua yang posisinya paling jauh dari matahar. Jarak antara planet ini dan matahari adalah 2.876,6 juta KM. Sementara itu, rotasi pada planet ini membutuhkan waktu 11 jam. Sedangkan waktu revolusi yang diperlukan adalah 165 tahun.

8. Neptunus


Neptunus menjadi planet yang letaknya paling jauh dari matahari atau planet yang terakhir di dalam susunan tata surya. Planet ini mempunyai jarak ke matahari 5.957,3 juta KM. Waktu yang dibutuhkan untuk berotasi adalah 6 hari. Sedangkan waktu yang diperlukan dalam berevolusi yaitu 284 tahun.

Demikianlah seputar 8 planet yang ada dalam tata surya. Bagi kamu yang sudah membaca artikel ini sambil bermain game online, jika diberi kesempatan, ingin menjelajahi planet yang mana nih?

Comments

Popular Posts