Pengertian dan Macam - Macam Galaksi di Alam Semesta

Hai sobat bloger...

Hari ini kita akan membahas tentang Galaksi. Galaksi merupakan sebuah sistem bintang dengan ukuruan yang sangat besar, susunannya terdiri dari bintang-bintang, gas dan debu medium antarbintang, dan materi gelap-komponen yang penting namun belum begitu dimengerti.

Kata galaksi ini berasal dari bahasa Yunani galaxias (γαλαξίας), yang berarti "seperti susu," yang merujuk pada galaksi Bima Sakti. Proses terbentuknya galaksi seringkali menjadi satu pertanyaan yang membuat penasaran hampir sebagain besar masyarakat. Proses terbentuknya galaksi masih menjadi misteri  hingga kini.

Galaksi dapat dikelompokkan dalam tiga jenis utama yakni elitis, spiral dan beraturan.  Dengan perkiraan 100 miliar hingga 200 miliar galaksi di alam semesta, tak heran jika mayoritas galaksi sejauh ini diidentifikasi dengan nomor katalog. Disamping itu, ada beberapa galaksi yang telah diberi nama. Biasanya, galaksi tersebut memiliki bentuk yang khas, sangaat dekat, dan mudah diamati. Lantas apa saja nama-nama galaksi itu? Berikut inilah nama-nama galaksi di alam semesta.

Nama - Nama Galaksi di Alam Semesta

1. Galaksi Bima Sakti


Galaksi Bima Sakti merupakan galaksi yang berbentuk Spiral dan tersusun atas miliaran bintang, kabus kosmis, debu-debu, dan gas-gas kosmis yang sebarannya tidak merata.

Galaksi ini memiliki diameter 100.000 tahun cahaya dan diperkirakan memiliki setidaknya 100 miliar hingga 400 miliar lebih bintang. Sederhannya satu tahun cahaya setara dengan 9,461 triliun kilometer jauhnya. Luas sekali bukan?

Mengingat luasnya Galaksi Bima Sakti, bagian dari alam semesta ini pun menjadi tempat bagi objek lain yakni planet Merkurius, Venus, Mars, Jupiter, Saturunus, Uranus, Neptunus dan termasuklah planet Bumi yang menjadi tempat hidup kita.

2. Galaksi Ursa Mayor


Galaksi Ursa Mayor memiliki jarak sekitar 10.000 tahun cahaya dari galaksi utama (galaksi Bima Sakti). Galaksi ini berbentuk elips dan juga rapat jika dibandingkan dengan bentuk atau nam dari galaksi lain.

Galaksi yang sering disebut sebagai galaksi beruang besar ini biasa terlihat sebagai tujuh bintang terang. Tujuh bintang terang itu menjadi patokan saat berlayar dimalam hari.

3. Galaksi Magellan


Galaksi ini terbagi menjadi dua yakni  Galaksi Magellan Besar dan Magellan Kecil. Kedua galaksi ini dekat dengan galaksi utama (Bima Sakti). Dimana memiliki jarak kurang lebih dari 150.000 tahun cahaya dan letaknya berada di bagian langit selatan. Galaksi Magellan ini memiliki bentuk yang tidak beraturan.

4. Galaksi Andromeda

Galaksi yang juga disebut galaksi Andromeda Nebula memiliki ukuran yang cukup besar dengan diameter 200.000 tahun cahaya. dapat dikatakan bahwa galaksi ukurannya dua kali lipat dari ukuran diamter dari galaksi Bima Sakti. Menurut para ahli galaksi ini bentuknya bulan dan ukurannya besar. Letak galaksi Andromeda ini sekitar 2.480.00 tahun cahaya dari Bumi.

Galaksi Andromeda dapat diamati dengan mata telanjang sekitar bulan September, Oktober, dan November. Galaksi ini akan tampak seperti kabut. Jika memakai teropong bisa tampak bintang-bintang di galaksi Andromeda.

5. Galaksi Black Eye


Galaksi Black Eye atau Galaksi Mata Hitam merupakan galaksi spiral di rasi bintang Coma Berencies. Galaksi ini memiliki cincin dan warannya sangat gelap. Dimana ditemukan oleh Charles Messier pada tahun 1781. Galaksi ini memang memiliki ciri khas dari cincin yang terbuat dari kabut dan mengelilingi pada intinyaa yang bersinar. Para ahli memperkirakann jika interval atau jarak dari galaksi Black Eye sekitar lebih dari 16 Juta hingga 17 juta tahun cahaya.

6. Galaksi Jauh


Seperti namanya, galaksi ini jaraknya sangat jauh dari galaksi Bima Sakti. Dimana jarak interval dari galaksi Bima Sakti sekitar 10 juta tahun cahaya. Contoh dari galaksi jauh ini ada galaksi Whirlpool, galaksi Triangulum, dan galaksi Silvery.

Nah, itulah informasi terkait pengertian dan macam-macam galaksi di alam semesta. Semoga bermanfaat!

Comments

Popular Posts