Mengenal Fakta Menarik Tentang Meteorid dan Komet

 


Berbicara tentang antariksa pasti yang terpikir adalah berhubungan dengan luar angkasa. Antariksa adalah bagian alam semesta yang berada diluar atmosfer bumi.

Nah, Meteorid dan Komet termasuk kedalam benda luar angkasa yang akan di bahas dibawah ini. Yuk, simak pembahasannya!

Meteorid

Meteoroid adalah benda-benda kecil di tata surya yang ukurannya lebih kecil daripada asteroid tetapi lebih besar daripada sebuah molekul. Meteoroid yang masuk ke atmosfer bumi disebut meteor. Meteoroid yang sudah mencapai permukaan bumi disebut meteorid.

Persatuan Astronomi Internasional pada sidang umum IX pada 1961 mendefinisikan bahwa meteorid adalah Sebuah benda padat yang berada/bergerak dalam ruang antarplanet, dengan ukuran lebih kecil daripada asteroid dan lebih besar daripada sebuah atom atau molekul.

Meteoroid juga merupakan batu-batuan, sedangkan sebagian lainnya tersusun atas logam. Sedangkan sebagian kecilnya merupakan kombinasi batu dan logam.

Ciri-Ciri Meteorid

Adapun beberapa ciri dari meteorid antara lain sebagai berikut:

  • lebih kecil daripada asteroid
  • warna hitam coklat
  • Lebih berat dibandingkan dengan batuan lain
  • terdapat bekas bakar

Meteorid Terjadi Akibat?

Sebagian besar meteoroid terbentuk dari tabrakan antar asteroid. Tabrakan ini akan menghasilkan debris yang lebih kecil yang dikenal dengan nama meteoroid. Selain itu, ciri-ciri dan manfaat ikan bandeng meteoroid juga bisa terjadi dari komet atau dari bulan.

Dampak Meteorid

Meteoroid tidak membahayakan atau memberikan dampak negatif pada tata surya. Namun, menurut NASA meyakini bahwa ada dua resiko yang ditimbulkan oleh keberadaan meteorid.

1. Meteoroid berbahaya bagi pesawat luar angkasa. Batuan sekecil apapun misal memecah atau merusak jendela dan sistem pengamanan suhu pada pesawat luar angkasa dan menyebabkan kerugian materi akibat rusaknya pesawat.

2. Jika meteorid menghantam bumi maka akan terbakar akibat gesekan antara permukaanya dengan gas. Apabila menghantam bumi dan ukurannya cukup besar akan menyebabkan bencana disekitar jatuhnya meteor

Komet

Komet merupakan benda angkasa yang sering disebut dengan bintang berekor yang bergerak bebas di luar angkasa. Komet memiliki orbit atau lintasan yang berbentuk elips, lebih lonjong dan panjang daripada orbit planet.

Ciri-Ciri Komet

  • Adapun beberapa ciri dari komet antara lain sebagai berikut:
  • Tersusun atas partikel debu dan es yang telah membeku
  • Memiliki orbit atau lintasan yang berbentuk lonjong atau elips
  • Sangat mudah terbakar, terlebih di bagian ekornya

Komet Terjadi Akibat?

Komet terbentuk dari es dan debu. Terdiri dari kumpulan debu dan gas yang membeku ketika berada jauh dari matahari.  Material terbentuk dari gas karbondioksida, metana dan air. Ketika mendekati bumi akan membentuk kepala dan juga ekor komet.

 Ekor komet sangat panjang mencapai jutaan km. Komet dapat dilihat ketika keberadaanya masih jauh dari matahari.

Nah, itulah fakta menarik tentang meteorid dan komet ya guys. Yuk, jangan malas membaca ilmu pengetahuan yang sangat bermanfaat!

Comments

Popular Posts