5 Planet Unik dan Aneh di Alam Semesta

 


Alam semesta yang aneh dan misterius sebenarnya adalah alasan mengapa orang-orang sejak dulu sudah terpesona oleh langit malam dan eksplorasi ruang angkasa.

Di luar angkasa, tidak hanya berbagai planet yang mengorbit tata surya kita, tetapi juga planet yang disebut exoplanet yaitu planet yang mengorbit bintang lain di luar tata surya kita.

Hingga saat ini, diperkirakan ada 3.530 exoplanet yang dikonfirmasi oleh para ilmuwan yang berada di luar angkasa sana.

Sama seperti Bumi yang tidak sama dengan Merkurius atau Jupiter, planet exoplanet yang jauh di atas kita juga memiliki variasi yang sangat kontras satu sama lain. Berikut 5 exoplanet yang unik dan aneh di alam semesta.

1. CoRot-5b (dua sisi yang berbeda jauh)


Nama sebenarnya CoRot-5b disebut "Dua Neraka di Satu Planet", karena planet ini memiliki dua sisi yang benar-benar berlawanan.

Satu sisi yang selalu menghadap matahari punya suhu lebih dari 4.500 derajat Fahrenheit, atau 2.500 derajat Celcius. Suhu yang cukup untuk melelehkan dan menguapkan batu.

Sementara itu, permukaannya yang lainnya sangat dingin, mencapai -392 derajat Fahrenheit atau sekitar -235 derajat Celcius.

2. Glise 436b (lapisan es yang panas)


Berjarak tiga puluh tahun cahaya dari Bumi atau 2,5 juta mil dari bintangnya, Gliese 436b memiliki suhu sekitar 822 derajat Fahrenheit, cukup panas untuk menguapkan air.

Anehnya, planet ini memiliki permukaan es yang terbakar. Ini karena air berada dalam tekanan yang sangat tinggi hingga membuat air menjadi membeku pada suhu 439 derajat Celcius.

Es di Bumi bukanlah jenis es yang sama yang biasanya ditemukan di planet ini, tetapi jenis es khusus yang disebut Es VII, yang terbentuk ketika es lebih padat dan memiliki struktur kristal.

3. Gliese 581c (punya lahan kecil untuk layak huni)


Planet Gliese 581c terletak di konstelasi Libra, 20 tahun cahaya atau 120 triliun mil dari Bumi.

Gliese 581c juga bergantung pada pasang surut. Artinya, satu sisi planet selalu menghadap ke langit malam di mana suhunya sangat dingin dan sisi lainnya selalu menghadapi suhu terik yang bisa melelehkan manusia hidup-hidup. 

Tetapi di antara suhu ekstrem ini ada sebidang tanah sempit dengan kondisi yang lebih baik yang secara teoritis dapat menopang kehidupan.

4. GJ 1214b (hanya terdiri dari air)


Ketika hampir semua planet memiliki daratan, GJ 1214b berbeda. Planet ini hanya memiliki lautan yang membentang di seluruh permukaan.

Konsistensi airnya juga agak aneh, karena teksturnya lebih seperti es atau gas panas daripada cairan seperti di Bumi.

Faktanya, GJ 1214b memiliki kesamaan dengan Bumi dan juga hanya mengelilingi bintang kecil, memungkinkan para ilmuwan untuk mempelajari atmosfernya.

5. HAT-P-7b (hujan permata)


Terletak di konstelasi Cygnus sekitar 1.000 tahun cahaya dari Bumi, planet ini lebih besar dari Jupiter dan sangat panas.

Di sisi malam dari planet ekstrasurya ini, kita dapat melihat bahwa ada banyak curah hujan korundum yang menghasilkan batu rubi dan safir.

HAT-P-7b mungkin juga mengalami badai yang sangat dahsyat yang menyebarkan batu rubi dan safir menyebar di seluruh planet ini.


Comments

Popular Posts